JURNAL MINGGU KE TIGA

 Jurnal Minggu ke-3

1 Nopember  - 6 Nopember 2021

 

1.       Facts (Peristiwa)

Mempelajari mengenai Nilai dan Peran Guru Penggerak

-          1 Nopember 2021, mempelajri mengenai Mulai dari diri nilai dan peran guru penggerak, dengan membuat Trapesium Umur, mengingat ingat pengalaman positif dan negative yang dialami masa sekolah dulu dalam bagan trapezium umur

-          2 – 4 Nopember 2021, eksplorasi konsep dari nilai dan peran guru penggerak, ada 24 halaman yang perlu dipelajari dan memberikan komentarnya

-          5 Nopember, berdiskusi mengenai eksplorasi konsep nilai dan peran guru penggerak

-          6 Nopember , membuat jurnal minggu ke 3

2.       Feelings (Perasaan):

Perasaan saya dalam mempelajari tahap minggi ke 3 ini lebih bersemangat lagi untuk mengetahui akan nilai dan peran dari calon guru penggerak ini, kita dapat mengingat kembali pengalaman kita baik yang bersifat positif  maupun negative dan apa yang harus kita lakukan dalam perubahan tersebut.

Apalagi dalam mengenal konsep dari nilai dan peran guru peggerak ini, semakin bertambah pengetahuan akan pentingnya kita sebagai guru  untuk mengetahui akan pentingnya pelajar pancasila dan akan peran guru penggerak baik untuk diri sendiri, untuk siswa maupun untuk sekolah dan lingkungan sekolah

3.       Findings (Pembelajaran)

Dalam pembelajaran yang saya peroleh dalam minggu ke 3 ini antara lain :

-          Kita bisa membuat trapezium diri kita sendiri, mengingat kembali pengalaman kita di masa sekolah yang sampai saat ini membekas dan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan, baik pengalaman yang bersifat positif/baik, maupun pengalaman yang bersifat negative/jelek.

Dengan demikian kita akan mengetahui akan peran guru kita dimasa lalu yang negative dan perlu adanya perubahan yang akan kita terapkan pada siswa kita nanti, begitu juga pengelaman yang baik /positif tentunya perlu kita pertahankan dan perlu kita tingkatkan lagi dalam penerapan kita memberikan pembelajaran pada siswa kita

-          Eksplorasi konsep yang kita pelajari dalam mengenal nilai dan peran guru penggerak ini, kita tentunya akan mengerti dan paham akan tujuan dari Pelajar Pancasila nantinya

Diawali dengan kita mengenal mengenai organ otak kita, maka dengan demikian kita akan dapat tergerak, bergerak dan menggerakkan sebagai guru penggerak

Kita dituntut untuk mengenal akan profil pelajar pancasila yang mempunyai beberapa karakter pelajar pancasila, yaitu diantaranya bertawakwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, gotong royong, berkebhinekaan global, kreatif, bernalar kritis dan mandiri

-          Dalam mewujudkan profil pejalar pancasila kita dituntut untuk memiliki 4 kompetensi sebagai guru penggerak yaitu pengembangan diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, dan memimpin pengembangan sekolah. Sehingga dalam melaksanakan 4 kompetensi tersebut akan muncul peran guru penggerak diantaranya yaitu memimpin pembelajar, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru dan memuwudjkan kepemimpinan murid

-          Kita dikenalkan akan nilai guru penggerak yaitu mandiri, inovatif, reflektif, kolaboratif dan berpihak pada anak, dan kita dapat menceritakan pengalaman yang sudah kita lakukan selama ini dari kelima nilai peran guru penggerak tersebut

 

4.       Future (Penerapan)

-          Kita sebagai guru penggerak dituntut untuk dapat mengenali diri kita dan melaksanakan perubahan tentang pengalaman kita yang negative

-          Kita berusaha dapat menjadi peran aktif disekolah sebagai guru penggerak yaitu diantaranya kita harus mandiri, reflektif, inovasi kolaborasi dan berpihak pada anak setiap kegiatan

-          Dalam pelaksanaannya nanti kita diminta mandiri untuk melaksanakan tugas sehari hari sebagai pendidik, refletif terhadap semua permasalahan baik dalam pembelajaran maupun cara kerja kita, berinovasi dalam pembelajaran atau kegiatan yang berpihak pada anak dan dapat berkolaborasi sesame sejawat di sekolah dalam melaksanakan tugas atau kegiatan tersebut.

 

Komentar