JURNAL MINGGU KE LIMA

 


Jurnal Minggu ke-5

15 Nopember – 20 Nopember 2021

 

1.       Facts (Peristiwa)

-          Senin 15 Nopember 2021, bersama instruktur Maria Jeanidya (MJ) Zoom meet bersama semua CGP Se Surakarta untuk sesi dua jam 15.30 – 17.00

-          Selasa, 16 Nopember 2021, menyelesaikan tugas akan Koneksi antar materi akan nilai dan peran guru penggerak

-          17- 18 Nopember 2021, Menyelesaikan akan aksi nyata dan penutup akan modul 1.2

-          18 Nopember, pendampingan individu, yaitu kedatangan pengajar praktik ke sekolah untuk melihat dan wawancara seberapa yang sudah saya lakukan dan mempunyai kendala apa saja

-          19 Nopember 2021, masuk ke modul 1.3 mengenai mulai dari diri akan visi guru penggerak

-          20 Nopember 2021, pelaksanaan lokakarya 1 di Swiss Belhoel Surakarta

2.       Feelings (Perasaan):

Bertambah semangat lagi, apalgai setelah menyelesaikan modul 1.2 dan pelaksanaan lokakarya 1 bertemua dengan teman teman CGP dalam satu kelas

 

3.       Findings (Pembelajaran)

Dalam minggu ini saya pendapatkan pelajaran dari Instruktur Ibu Maria Jeanidya yaitu diantaranya :

-          Kita mengenal akan otak kita antara otak reptile dan otak luhur kita, bagaimana kita menyeimbangkannya

-          Mengenai perbedaan akan reaktif dan responsife, dan bagaimana kita dalam bertindak menyelesaikan suatu masalah harus menyeimbangkan antara reaktif dan responsife

-          Kita juga diminta untuk jangan memaksa otak kita, kenali dulu, mengerti dan beri waktu untuk belajar

Selain itu kita dalam minggu ini diminta untuk menyelesaikan modul 1.2 antaranya koneksi antar materi, mengumpulkan aksi nyata dan kedatangan pengajar praktik ke sekolah untuk mengetahui sudah seberapa jauh yang sudah dilakukan calon guru penggerak dan mempunyai kendala apa saja yang dihadapi, disitulah saya mendapatkan solusi dari  pengajar praktik

Saat lokakarya 1 di Swiss Belhotel berkumpul dengan teman teman CGP kita membicarakan dan memusyawarahkan akan kompetensi yang sudah dimiliki dan bagaimana pengemabngannya  yang akan dilakukan, yaitu diantaranya

-          Kompetensi Pengembangan diri dan prang lain

-          Kompetensi peningkatan pemimpin pembelajar

-          Kompetensi peningkatan manajemen sekolah

-          Kompetensi pengembangan sekolah

 

4.       Future (Penerapan)

-          Dalam minggu ini saya juga berkolaborasi dengan salah satu wali kelas, dalam tahap pelaksanaan, kelas yang dia ampu terdapat tanaman yang berada pada pot dari botol bekas dengan media air, sehingga saya mempunyai ide dan mengajak wali kelas tersebut berinovasi bahwa akan lebih baik jika setiap anak di dalam kelas tersebut mempunyai tanaman sendiri sendiri dan diberi namanya sendiri sehingga mengajak anak untuk membentuk karakter bergotong royong dalam pembuatannya, mandiri dalam merawat tanamannya, bertolerasi untuk menjaga tanaman temannya karena pembelajaran masih 50%, dan juga mengajak berinovasi dan kreatif dalam mengolah limbah botol bekas tersebut.

-          Mencoba penerapan pengembangan diri lebih maksimal secara mandiri yaitu mencoba mengembangkan diri dengan belajar lagi lebih banyak melalui media social, atau pelatihan pelatihan yang ada

-          Mencoba berinovasi lagi dalam peningkatan pembelajaran di eklas, apalagi ini mau PAS 1 maka akan saya  rencanakan suatu game yang menunjang dalam PAS tersebut

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKSI NYATA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI