AKSI NYATA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
A. Latar
belakang
Sesuai
dengan filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara, pembelajaran berdiferensiasi
secara singkat merupakan pembelajaran yang berpihak kepada siswa. Dimana setiap
murid memiliki kesempatan yang sama untuk belajar sesuai dengan kebutuhan
kondisinya. Karakteristik anak yang berbeda dengan segala kekuatan, gaya
belajar, dan minat yang berbeda pula, dan pada akhirnya seorang guru mampu
menghadapi tantangan tersebut dan dengan berbagai usaha yang dilakukan untuk
memastikan setiap murid di kelas agar sukses dalam proses pembelajaran.
Pembelajaran
berdiferensiasi juga selaras dengan arah pengembangan merdeka belajar. Di mana
dalam konsep merdeka belajar terdiri dari : pemahaman akan profil siswa,
kebutuhan siswa, persiapan guru dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi merupakan strategi umum yang
dapat dikembangkan untuk mencapai merdeka belajar dalam rangka mewujudkan
transformasi pendidikan di Indonesia.
B. Tujuan
Adapun
tujuan dalam kegiatan Aksi nyata ini yaitu:
1. Belajar sesuai dengan kebutuhan
murid
2. Menerapkan Pembelajaran yang
berpusat pada murid
C.
Persiapan Tindakan Aksi Nyata
Adapun
rencana pelaksanaan kegiatan aksi nyata di SMP Muhammadiyah 1 Simpon
Surakarta adalah :
1. Menyiapkan RPP berdiferensiasi
sesuai dengan materi pelajaran yang akan diajarkan
2. Pembelajaran dilaksanakan sesuai
dengan rancangan pembelajaran berdifernsiasi
3. Melakukan evaluasi dan refleksi
pada setiap pembelajaran yang telah dilakukan untuk perbaikan di pembelajaran
berikutnya
D. Tolak
Ukur :
1. Berkembangnya potensi murid
sesuai dengan minat, profil dan kesiapan belajar
2. Pembelajaran berpusat pada murid
dan profil pelajar pancasila sehingga mampu menjadi insan
E. Dukungan
yang Dibutuhkan
Pihak-pihak
yang membantu dalam mencapai gambaran diri saya:
1. Kepala Sekolah sebagai penanggung
jawab dalam setiap kegiatan disekolah
2. Rekan Guru /Wali kelas sebagai
tempat bertukar pikiran dalam pelaksanan kegiatan
3. Peserta Didik Tokoh utama dalam
Pelaksanaan aksinyata
4. Keluarga/Orang Tua sebagai
pendamping/ pengontrol kegiatan belajar murid dirumah
F. Kesan
yang Didapat
Saya
dapat menerapkan apa yang sudah saya peroleh dalam modul ini mengenai
pembelajaran berdiferensiasi, walaupun masih bersifat sederhana dan masih
banyak kekuarangan dan hambatan dalam pelaksanaannya.
Berdasarkan
aksi nyata penulis tentang pembelajaran berdiferensiasi, murid terlihat sangat
antusias mengenal potensi, kekuatan, dan kemampuan diri. Para murid memiliki
peluang untuk berpikir cara-cara terbaik mereka dalam belajar, mereka menjadi
lebih sadar akan kekuatan dan kebutuhan mereka dalam peningkatan kualitas
belajarnya.
F. Evaluasi
Adapun
rencana perbaikan atau evaluasi pelaksaan kegiatan ini kedepannnya yaitu:
1. Akan lebih melaksanakan kegiatan
ini yang lebih baik lagi dengan terencanan dengan apik, berkolaborasi dengan
teman sejawat, sehingga dapat memperbaiki kekurangan kekurangan yang dihadapi.
2. Selalu mendokumentasikan kegiatan
ini sehingga dapat dilihat dan ditiru oleh guru atau pihak lain dan selalu
terbuka untuk mendapatkan masukan yang dapat memperbaiki setiap kegiatan calon
guru penggerak.
Komentar
Posting Komentar