AKSI NYATA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

siswa presentasi hasil karya


A. Latar belakang

Sesuai dengan filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara, pembelajaran berdiferensiasi secara singkat merupakan pembelajaran yang berpihak kepada siswa. Dimana setiap murid memiliki kesempatan yang sama untuk belajar sesuai dengan kebutuhan kondisinya. Karakteristik anak yang berbeda dengan segala kekuatan, gaya belajar, dan minat yang berbeda pula, dan pada akhirnya seorang guru mampu menghadapi tantangan tersebut dan dengan berbagai usaha yang dilakukan untuk memastikan setiap murid di kelas agar sukses dalam proses pembelajaran.

Pembelajaran berdiferensiasi juga selaras dengan arah pengembangan merdeka belajar. Di mana dalam konsep merdeka belajar terdiri dari : pemahaman akan profil siswa, kebutuhan siswa, persiapan guru dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi merupakan strategi umum yang dapat dikembangkan untuk mencapai merdeka belajar dalam rangka mewujudkan transformasi pendidikan di Indonesia.

 

B. Tujuan

Adapun tujuan dalam kegiatan Aksi nyata ini yaitu:

1.      Belajar sesuai dengan kebutuhan murid

2.      Menerapkan Pembelajaran yang berpusat pada murid

 

C. Persiapan Tindakan Aksi Nyata

Adapun rencana pelaksanaan kegiatan aksi nyata di SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta  adalah :

1.      Menyiapkan RPP berdiferensiasi sesuai dengan materi pelajaran yang akan diajarkan

2.      Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan rancangan pembelajaran berdifernsiasi

3.      Melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pembelajaran yang telah dilakukan untuk perbaikan di pembelajaran berikutnya

 

D. Tolak Ukur :

1.      Berkembangnya potensi murid sesuai dengan minat, profil dan kesiapan belajar

2.      Pembelajaran berpusat pada murid dan profil pelajar pancasila sehingga mampu menjadi insan yang mandiri, kolaborasi, bernalar kritis, kreatif

 

E. Dukungan yang Dibutuhkan

Pihak-pihak yang membantu dalam mencapai gambaran diri saya:

1.      Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab dalam setiap kegiatan disekolah

2.      Rekan Guru /Wali kelas sebagai tempat bertukar pikiran dalam pelaksanan kegiatan

3.      Peserta Didik Tokoh utama dalam Pelaksanaan aksinyata

4.      Keluarga/Orang Tua sebagai pendamping/ pengontrol kegiatan belajar murid dirumah

 

F. Kesan yang Didapat

Saya dapat menerapkan apa yang sudah saya peroleh dalam modul ini mengenai pembelajaran berdiferensiasi, walaupun masih bersifat sederhana dan masih banyak kekuarangan dan hambatan dalam pelaksanaannya.

Berdasarkan aksi nyata penulis tentang pembelajaran berdiferensiasi, murid terlihat sangat antusias mengenal potensi, kekuatan, dan kemampuan diri. Para murid memiliki peluang untuk berpikir cara-cara terbaik mereka dalam belajar, mereka menjadi lebih sadar akan kekuatan dan kebutuhan mereka dalam peningkatan kualitas belajarnya.

 

F. Evaluasi

Adapun rencana perbaikan atau evaluasi pelaksaan kegiatan ini kedepannnya yaitu:

1.      Akan lebih melaksanakan kegiatan ini yang lebih baik lagi dengan terencanan dengan apik, berkolaborasi dengan teman sejawat, sehingga dapat memperbaiki kekurangan kekurangan yang dihadapi.

2.      Selalu mendokumentasikan kegiatan ini sehingga dapat dilihat dan ditiru oleh guru atau pihak lain dan selalu terbuka untuk mendapatkan masukan yang dapat memperbaiki setiap kegiatan calon guru penggerak.

 

siswa proses pembuatan bangun ruang sisi datar

siswa berkolaborasi membuat diskripsi produk yang dibuat
presentasi produk

Komentar