AKSI NYATA PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID


 KEGIATAN AKSI NYATA CALON GURU PENGGERAK

ANGKATAN 4 KOTA SURAKARTA

SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

 

 

A. PENDAHULUAN

Pengelolaan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah dapat di simpulkan menjadi 2 yang pertama Pendekatan berbasis kekurangan/masalah (Deficit-Based Thinking) akan memusatkan perhatian kita pada apa yang mengganggu, apa yang kurang, dan apa yang tidak bekerja. 

Berdasarkan pendekatan ini pandangan yang dilakukan dimulai dari ketidaknyamanan, pendekatan ini lebih mengarah bagaimana kita menciptakan solusi untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di sekolah. Dan yang kedua adalah Pendekatan berbasis aset (Asset-Based Thinking) adalah sebuah konsep yang dikembangkan oleh Dr. Kathryn Cramer, seorang ahli psikologi yang menekuni kekuatan berpikir positif untuk pengembangan diri. 

Pendekatan ini merupakan cara praktis menemukan dan mengenali hal-hal yang positif dalam kehidupan, dengan menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir, kita diajak untuk memusatkan perhatian pada apa yang bekerja, yang menjadi inspirasi, yang menjadi kekuatan ataupun potensi yang positif.

 

Keselarasan dan keharmonisan pada sekolah dapat terwujud apabila kita mampu memanfaatkan sumber daya yang ada, dan kita wujudkan menjadi sebuah aset serta saya simpulkan yang termasuk dalam kelompok Biotik adalah: Murid, Guru, Kepala sekolah, pengawas dan komite sekolah. 

Faktor-faktor dalam kelompok Abiotik adalah: Sarana Prasarana dan keuangan. Ini merupakan contoh artinya ada kolaborasi antara sesuatu yang hidup dan tak hidup. 

 

Kemandirian dari suatu komunitas untuk dapat menyelesaikan tantangan yang dihadapinya dengan bermodalkan kekuatan dan potensi yang ada di dalam diri mereka sendiri disebut Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset. 

 

Pendekatan ini berfokus pada Potensi Aset/sumber daya yang dimiliki oleh sekolah dalam hal ini adalah ekosistem yang ada di sekolah.

Pendekatan Komunitas Berbasis Aset ini sangat cocok di terapkan di sekolah, karena ternyata banyak sekali aset yang dapat dijadikan kekuatan untuk menciptakan sekolah yang lebih baik, adapun 7 aset yang ada sebagai berikut:

 

Modal Manusia

Modal Sosial

Modal Fisik

Modal  Lingkungan Atau Alam

Modal Finansial

Modal Politik

Modal Agama dan Budaya

Menjadi seorang pemimpin harus mampu meningkatkan rasa kepekaan terhadap kondisi dan situasi yang ada di sekolah, karena berdasarkan inilah kita akan mampu melakukan tindakan yang tepat untuk kemajuan sekolah. 

Dan kolaborasi harus dilakukan untuk mewujudkannya kita tidak bisa berjalan sendiri, kita perlu bergotong royong memanfaatkan segala potensi yang ada di sekolah. Melalui sebuah aksi nyata dari tindakan yang terkecil sampai hal yang lebih kompleks. 

Kita harus fokus pada aset dan kekuatan, Membayangkan masa depan, Berpikir tentang kesuksesan yang telah diraih dan kekuatan untuk mencapai kesuksesan tersebut, Mengorganisasikan kompetensi dan sumber daya dalam hal ini adalah aset.

B. TUJUAN KEGIATAN

1. Bagaimana orang tua siswa dapat memenuhi pebayaran keuangan sekolah putra putrinya

2. Bagaimana dapat membentuk komunitas antara sekolah bersama siswa dan orang tua dan lingkungan sekolah

3. Memberikan gambaran kepada siswa untuk membantu orang tua dalam kegiatan ini siswa mengenal akan  usaha berdagang / menjadikan entrepreneur muda (aplikasi pembelajaran aritmatika social dan ekonomi dalam tujuan pembelajaran)

 

C. NAMA KEGIATAN

    Usaha adanya marketplace di lingkungan sekolah

 

D. SASARAN KEGIATAN

1. Semua Warga SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA yang mempunyai usaha berdagang (mempunyai barang dagangan)

2.   Lingkungan sekolah / instansi lingkungan sekolah yang bisa beriklan di aplikasi

 

E. RENCANA KEGIATAN

1.   IJIN KEPALA KEPALA SEKOLAH

2.  MENGADAKAN RISET BERSAMA SISWA DAN ORANG TUA SISWA MELALUI PENGISIAN QUESIONER DI GOOGLE FORM, UNTUK MENGETAHUI USAHA DARI SETIAP ORANG TUA

3.   PEMETAAN USAHA

4.   MEMBUAT WEB APLIKASI

5.   PEMASUKAN PRODUK KE WEB APLIKASI

6. MEMANFAATKAN MODAL LINGKUNGAN BERSAMA INSTANSI DI SEKITAR UNTUK MENDAPATKAN DUKUNGAN SPONSORSHIP

7.   PENAWARAN BARANG USAHA DARI PRANG TUA

8.   MEMAKSIMALKAN KEGIATAN

9.   EVALUASI

 


 

LAMPIRAN PELAKSANAAN BAGJA

PRAKARSA PERUBAHAN

Usaha adanya marketplace di lingkungan sekolah

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan/ riset/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan jawaban

B-uat pertanyaan (Define)

       Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

       Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan

Bagaimana orang tua siswa dapat memenuhi pebayaran keuangan sekolah putra putrinya

 

Bagaimana dapat membentuk komunitas antara sekolah bersama siswa dan orang tua

Membuat riset pertanyaan questioner kepada orang tua siswa mengenai latar belakang pekerjaan

 

 

A-mbil pelajaran (Discover)

       Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi;

       Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

 

Bagaimana memaksimalkan orang tua yang bekerja sebagai pedagang atau usaha kecil

 

Membuat komunitas sederhana yang dapat menampung usaha kecil dari orang tua

G-ali mimpi (Dream)

       Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

       Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa saja).

 

 

Bagaimana mengimplementasikan kegiatan ini

Dampak apa kepada siswa kegiatan ini

 

 

Mengumpulkan orang tua untuk dapat bertukar pikiran dalam memaksimalkan aplikasi atau web marketplace ini

Memberikan gambaran kepada siswa untuk membantu orang tua dalam kegiatan ini siswa mengenal akan  usaha berdagang

J-abarkan rencana (Design)

        Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;

        Menyusun definisi kesuksesan pencapaian

 

Rencana apa untuk mewujudkan aplikasi atau web ini dan melibatkan  siapa saja

Langkah inovatif apa mewujudkan kegiatan ini

 

Menyusun proposal

Memaksimalkan instansi di sekitar sekolah sebagai sponsorship dalam membuat aplikasi web inii

 

Memaksimalkan usaha orang tua untuk mempromosikan dalam marketplace ini

A-tur eksekusi (Deliver)

       Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

       Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi)

 

 

Siapa saja yang berperan dalam hal ini

Bagaimana kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan ini

 

 

Kebijakan kepala sekolah,

Peran orang tua , siswa, masyarakat, termasuk istansi di sekira sekolah

 

Lounching web bersama dengan bazar sederhana

Evaluasi dari kegiatan yang sudah berjalan


LAMPIRAN AKSI BUKTI NYATA (DOKUMENTASI)

Melakukan perijinan dan koordinasi dengan bapak kepala sekolah

Link proposal aksi nyata https://hermawanlastiyono.blogspot.com/2022/07/proposal-aksi-nyata-marketplace-smp.html




sosialisasi dan pengimbasan mengenai pembelajaran berdiferensiasi menjelang awal ajaran baru 2022/2023 dan sekaligus sosialisasi program aksi nyata marketplace di lingkungan sekolah yaitu dengan nama SIMPON MART

infomasi kepala siswa untuk mengisi quesioner mengenai data diri dan orang tua melalui media whatsapp karena di masa libur akhir tahun dan libur hari raya kurban


tampilan quesioner yang diisi oleh siswa


proses pembuatan website untuk marketplace 
SMP MUHAMMADIYAH 1 SIMPON SURAKARTA

alamat web

simponmart.com


Liat Aksi Nyata Merdeka Mengajar  https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/46731?from=share


Youtube https://www.youtube.com/watch?v=xgYomFkCP3s

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKSI NYATA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI