AKSI NYATA PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
ANGKATAN 4 KOTA
SURAKARTA
SMP MUHAMMADIYAH
1 SURAKARTA
A. PENDAHULUAN
Pengelolaan
sumber daya yang dimiliki oleh sekolah dapat di simpulkan menjadi 2 yang
pertama Pendekatan berbasis kekurangan/masalah (Deficit-Based
Thinking) akan memusatkan perhatian kita pada apa yang mengganggu, apa
yang kurang, dan apa yang tidak bekerja.
Berdasarkan
pendekatan ini pandangan yang dilakukan dimulai dari ketidaknyamanan,
pendekatan ini lebih mengarah bagaimana kita menciptakan solusi untuk mengatasi
masalah-masalah yang ada di sekolah. Dan yang kedua adalah Pendekatan berbasis
aset (Asset-Based Thinking) adalah sebuah konsep yang dikembangkan oleh Dr.
Kathryn Cramer, seorang ahli psikologi yang menekuni kekuatan berpikir positif
untuk pengembangan diri.
Pendekatan
ini merupakan cara praktis menemukan dan mengenali hal-hal yang positif dalam
kehidupan, dengan menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir, kita diajak
untuk memusatkan perhatian pada apa yang bekerja, yang menjadi inspirasi, yang
menjadi kekuatan ataupun potensi yang positif.
Keselarasan
dan keharmonisan pada sekolah dapat terwujud apabila kita mampu memanfaatkan
sumber daya yang ada, dan kita wujudkan menjadi sebuah aset serta saya
simpulkan yang termasuk dalam kelompok Biotik adalah: Murid, Guru, Kepala
sekolah, pengawas dan komite sekolah.
Faktor-faktor
dalam kelompok Abiotik adalah: Sarana Prasarana dan keuangan. Ini merupakan
contoh artinya ada kolaborasi antara sesuatu yang hidup dan tak hidup.
Kemandirian
dari suatu komunitas untuk dapat menyelesaikan tantangan yang dihadapinya
dengan bermodalkan kekuatan dan potensi yang ada di dalam diri mereka sendiri
disebut Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset.
Pendekatan
ini berfokus pada Potensi Aset/sumber daya yang dimiliki oleh sekolah dalam hal
ini adalah ekosistem yang ada di sekolah.
Pendekatan
Komunitas Berbasis Aset ini sangat cocok di terapkan di sekolah, karena
ternyata banyak sekali aset yang dapat dijadikan kekuatan untuk menciptakan
sekolah yang lebih baik, adapun 7 aset yang ada sebagai berikut:
Modal Manusia
Modal Sosial
Modal
Fisik
Modal Lingkungan Atau Alam
Modal Finansial
Modal
Politik
Modal
Agama dan Budaya
Menjadi seorang
pemimpin harus mampu meningkatkan rasa kepekaan terhadap kondisi dan situasi
yang ada di sekolah, karena berdasarkan inilah kita akan mampu melakukan
tindakan yang tepat untuk kemajuan sekolah.
Dan kolaborasi harus dilakukan
untuk mewujudkannya kita tidak bisa berjalan sendiri, kita perlu bergotong
royong memanfaatkan segala potensi yang ada di sekolah. Melalui sebuah aksi
nyata dari tindakan yang terkecil sampai hal yang lebih kompleks.
Kita harus fokus pada
aset dan kekuatan, Membayangkan masa depan, Berpikir tentang kesuksesan yang
telah diraih dan kekuatan untuk mencapai kesuksesan tersebut, Mengorganisasikan
kompetensi dan sumber daya dalam hal ini adalah aset.
B. TUJUAN
KEGIATAN
1. Bagaimana orang tua siswa dapat
memenuhi pebayaran keuangan sekolah putra putrinya
2. Bagaimana dapat membentuk
komunitas antara sekolah bersama siswa dan orang tua dan lingkungan sekolah
3. Memberikan gambaran kepada siswa
untuk membantu orang tua dalam kegiatan ini siswa mengenal akan usaha berdagang / menjadikan entrepreneur
muda (aplikasi pembelajaran aritmatika social dan ekonomi dalam tujuan
pembelajaran)
C. NAMA KEGIATAN
Usaha adanya marketplace di lingkungan sekolah
D. SASARAN KEGIATAN
1.
Semua Warga SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA yang mempunyai usaha berdagang
(mempunyai barang dagangan)
2. Lingkungan sekolah / instansi lingkungan
sekolah yang bisa beriklan di aplikasi
E. RENCANA
KEGIATAN
1. IJIN KEPALA KEPALA SEKOLAH
2. MENGADAKAN RISET BERSAMA SISWA DAN ORANG TUA SISWA
MELALUI PENGISIAN QUESIONER DI GOOGLE FORM, UNTUK MENGETAHUI USAHA DARI SETIAP
ORANG TUA
3. PEMETAAN USAHA
4. MEMBUAT WEB APLIKASI
5. PEMASUKAN PRODUK KE WEB APLIKASI
6.
MEMANFAATKAN MODAL LINGKUNGAN BERSAMA INSTANSI DI SEKITAR UNTUK MENDAPATKAN
DUKUNGAN SPONSORSHIP
7. PENAWARAN BARANG USAHA DARI PRANG TUA
8. MEMAKSIMALKAN KEGIATAN
9. EVALUASI
LAMPIRAN PELAKSANAAN BAGJA
PRAKARSA
PERUBAHAN |
Usaha adanya marketplace di
lingkungan sekolah |
|
TAHAPAN |
Pertanyaan |
Daftar
tindakan/ riset/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan jawaban |
B-uat
pertanyaan (Define) ●
Membuat pertanyaan utama yang akan
menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang; ●
Menggalang atau membangun koalisi
tim perubahan |
Bagaimana orang tua siswa dapat
memenuhi pebayaran keuangan sekolah putra putrinya
Bagaimana dapat membentuk komunitas
antara sekolah bersama siswa dan orang tua |
Membuat riset pertanyaan questioner
kepada orang tua siswa mengenai latar belakang pekerjaan
|
A-mbil
pelajaran (Discover) ●
Menyusun pertanyaan lanjutan untuk
menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi; ●
Menentukan bagaimana cara kita
menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei
individu, multi unsur |
Bagaimana memaksimalkan orang tua
yang bekerja sebagai pedagang atau usaha kecil |
Membuat komunitas sederhana yang dapat
menampung usaha kecil dari orang tua |
G-ali
mimpi (Dream) ●
Menyusun deskripsi kolektif
bilamana inisiatif terwujud; ●
Mengalokasikan kesempatan untuk
berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa saja). |
Bagaimana mengimplementasikan
kegiatan ini Dampak apa kepada siswa kegiatan
ini |
Mengumpulkan orang tua untuk dapat
bertukar pikiran dalam memaksimalkan aplikasi atau web marketplace ini Memberikan gambaran kepada siswa
untuk membantu orang tua dalam kegiatan ini siswa mengenal akan usaha berdagang |
J-abarkan
rencana (Design) ●
Mengidentifikasi
tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil
sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan
memudahkan keseluruhan pencapaian; ●
Menyusun definisi kesuksesan
pencapaian |
Rencana apa untuk mewujudkan
aplikasi atau web ini dan melibatkan
siapa saja Langkah inovatif apa mewujudkan
kegiatan ini |
Menyusun proposal Memaksimalkan instansi di sekitar
sekolah sebagai sponsorship dalam membuat aplikasi web inii
Memaksimalkan usaha orang tua untuk
mempromosikan dalam marketplace ini |
A-tur
eksekusi (Deliver) ●
Menentukan siapa yang berperan/
dilibatkan dalam pengambilan keputusan; ●
Mendesain jalur komunikasi dan
pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi) |
Siapa saja yang berperan dalam hal
ini Bagaimana kelebihan dan kekurangan
dalam kegiatan ini |
Kebijakan kepala sekolah, Peran orang tua , siswa,
masyarakat, termasuk istansi di sekira sekolah
Lounching web bersama dengan bazar
sederhana Evaluasi dari kegiatan yang sudah
berjalan |
LAMPIRAN AKSI BUKTI NYATA (DOKUMENTASI)
Melakukan perijinan dan koordinasi dengan bapak kepala sekolah
Link proposal aksi nyata https://hermawanlastiyono.blogspot.com/2022/07/proposal-aksi-nyata-marketplace-smp.html
alamat web
Liat Aksi Nyata Merdeka Mengajar https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/46731?from=share
Youtube https://www.youtube.com/watch?v=xgYomFkCP3s
Komentar
Posting Komentar